Langsung ke konten utama

E-Scooter : Fasilitas baru yang ada di GBK


Gelora bung karno (GBK) Senayan, Jakarta menjadi tempat terbaik untuk melepaskan kepenatan dengan melakukan aktivitas berolahraga bagi warga ibukota. Sejumlah fasilitas penunjang disediakan agar semua kalangan bisa menikmati waktu olahraganya dengan lebih nyaman. Selain itu, area Gelora Bung Karno selalu dipadati pengunjung untuk berolahraga, seperti lari pagi atau bersepeda.  Kalian bisa bersepeda keliling komplek GBK yang luasnya sekitar 67 hektar. Namun, ada lagi fasilitas baru yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung, yaitu skuter elektronik atau yang sering disebut dengan e-scooter

Skuter elektris (secara internasional lebih dikenal sebagai electric kick-scooters atau e-scooters) merupakan skuter yang 100% digerakan dengan tenaga listrik, sehingga tidak memproduksi asap dan suara bising. Skuter elektris biasanya mempunyai satu roda di depan dan di belakang, dan terkadang skuter elektris juga didesain dengan tiga roda. Kecepatan skuter elektris biasanya 20 – 50 km/jam, tetapi terdapat juga model yang bisa menempuh jarak hingga 80 km/per jam. Skuter elektris memiliki berat rata-rata antara 7 – 40 kg dan bisa dibebani dengan berat 100 – 200 kg. 

Walaupun kebanyakan skuter elektris digunakan dalam posisi berdiri dan hanya didesain untuk satu orang, tetapi ada juga beberapa skuter elektris yang memiliki lebih dari satu tempat duduk. Selain itu skuter elektris juga dikenal dengan mekanisme lipat yang cepat, sehingga memudahkan untuk disimpan dan dibawa. Di Indonesia orang menyingkatnya dengan sebutan skutis, yang merupakan singkatan dari skuter elekrtis.

Skuter Elektris pertama kalinya dalam sejarah diproduksi oleh perusahaan Ajak Motor Vehicle yang berlokasi di New York City pada tahun 1900-an. Awal tahun 1920-an Ransome menciptakan sepeda elektris dengan French Corporation, kemudian diikuti Application Electro Mecaniques. Mereka menciptakan sebuah penemuan, yang mereka sebut dengan Electrocyclette, pada tahun 1927. Bagaimanapun bentuknya lebih seperti sepeda beroda 3 dibandingkan dengan skuter, karena ada roda satu di belakang dan dua roda di depan. Selama periode Perang Dunia II, menunjukan bahwa bahan bakar gas begitu banyak dikonsumsi. Sehingga membuat orang berpikir untuk memperbaiki situasi seperti ini dengan membuat pengganti penggunaan gas untuk keperluan perjalanan. Selama periode ini, Earle Williams seorang penemu mencoba untuk mengubah siklus yang dioperasikan dengan bahan bakar menjadi siklus listrik. Beberapa kemajuan dalam sejarah skuter listrik dibuat pada tahun 60-an dan 70-an. 

Di Indonesia e-scooter sudah beroperasi sejak awal tahun 2018tetapi e-scooter ini beroperasi dikawasan luar Gelora Bung Karno sejak awal Desember 2018. Saat ini sudah terdapat 5 unit e-scooter yang dapat di sewa oleh pengunjung di area pintu zona 11 Gelora Bung Karno.

 “Kita sih menyediakan e-scooter ini sebanyak 5 unit karena termasuk baru juga jadi pertama di munculin nya sedikit dulu, kalau nanti antusias warga ibu kota tinggi kemungkinan bakalan nambah lagi”, ujar Oskar budiono (24) salah satu pengelola e-scooter yang ditemui di GBK corner. 

E-Scooter beroperasi mirip dengan scooter pada umumnya, hal yang membedakannya adalah scooter elektrik ini menggunakan energi lisrik yang disimpan dalam baterai, sehingga ramah lingkungan. E scooter hanya dapat melaju dengan kecepatan rendah yaitu 30Km/jam dan tidak menimbulkan suara  yang menyebabkan mengganggu kenyamananorang sekitar yang sedang berolahraga di area luar Gelora Bung Karno. Tarif yang ditawarkan pun relatif terjangkau, hanya dengan merogoh kocek Rp 30.000,-  masyarakat sudah bisa menikmati fasilitas e- scooter selama 1 jam, dan hanya dapat digunakan di arealuar Gelora Bung Karno. 
Keberadaan e-scooter ini disambut baik oleh warga ibu kota. Karena keberadaannya masyarakat dapat mengelilingi kawasan luar Gelora Bung Karno tanpa merasa lelah sedikit pun. Tetpi e-scooter ini dapat membuat badan bergerak karena mengendarai e-scooter bisa menghilangkan rasa bosan, serta berlatih menyeimbangkan tubuh ketika kita berolahraga.  Serta orang – orang yang menggunakan e-scooter ini berkomentar bahwa mereka telah mengurangi tingkat stres mereka, karena skuter ini memfasilitasi mereka dalam berbagai cara. Selain itu, mereka berpendapat bahwa mengoperasikannya sangat mudah karena semua skuter listrik menggunakan komponen keselamatan listrik standar, seperti pemutus sirkuit dan sekering untuk melindungi pengendara mereka juga menyertakan fitur keamanan yang cerdas, seperti terputusnya daya otomatis untuk mengamankan listrik yang tersimpan pada baterai. Tidak seperti bensin, jadi tidak ada bahaya ledakan yang terkait dengan baterai.

e-scooter ini aman digunakan untuk berbagai kalangan juga sih dan cara mengoperasikan nya juga gampang” ujar salah satu pengguna e-scooter,  Sasa (13).

Karena e-scooter ini merupakan kecanggihan teknologi yang membuat masyarakat tertarik untuk mencobanya. Pasalnya, ketersediaan unit e-scooter yang terbatas namun pengunjung tetap rela menunggu untuk menggunakan e-scooter di kawasan luar Gelora Bung Karno.

 “Pada awalnya akujuga belum tau ada e-scooter di Gelora Bung Karno ini, aku melihat orang yang pake kayanya seru dan itu menarik perhatian saya jadi akucoba aja sewa” Ucap salah satu pengguna e-scooter, Sasa (13).

Disisi lain cara penggunaannya pun mudah, hanya dengan jalan beberapa langkah lalu kemudian di gas dan e-scooterpengunjung sudah bisa menggunakannya untuk keliling di kawasan area luar Gelora Bung Karno. Karena antusiasme warga ibu kota yang sangat tinggi, rencananya e-scooter ini akan ditambah.

“Rencananya sih bakal ditambah tapi belum tau pastinya kapan” ujar Oskar budiono (24) salah satu pengelola e-scooter di Gelora Bung Karno. 

Selain e-scooter di kawasan luar GBK, anda juga dapat menikmati fasilitas lainnya seperti sepeda. Hal ini diadakan bagi masyarakat yang ingin meningkatkan kekuatan serta keseimbangan dan ordinasi otot otot dalam tubuh. Tetapi agak sedikit berbeda dengan e-scooter, jika ingin menyewa sepeda ini dapat digunakan dengan berbasis aplikasi gowes yang dapat di akses dengan ponsel pintar.

Jika sepeda menggunakan aplikasi gowes, lain halnya dengan e-scooter yang hanya bayar secara langsung. Dan perlu diperhatikan masyarakat yang menyewa nya diingatkan sebelum berkeliling untuk batas waktu habisnya.

Selain itu e-scooter ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kelebihannya yaitu ukurannya kecil dibandingkan dengan sepeda motor biasa, ramah lingkungan dan juga mudah parkir baikdi dalam ruangan maupun diluar. Kekurangannya yaitu kendaraan bertenaga listrik hanya bisa dipakai sampai kecepatan skuter elektis yang lebih rendah dibandingkan dengan sepeda motor biasa, akan tetapi jika beroperasi dikawasan Gelora Bung Karno ini sangat cocok sekali karena GBK merupakan kawasan olahraga jadi tidak mengganggu orang lain yang sedang lari maupun bersepeda. kekurangan e-scooter lainnya yaitu membutuhkan waktu cas yang lebih lama dari pada sepeda motor biasa yang menggunakan bahan bakar bensin. Dan ini pun menjadi salah satu kendala bagi warga Ibu Kota yang ingin menyewa e-scooter di kawasan Gelora Bung Karno, karena mereka harus menunggu jika baterai tersebut masih dalam kondisi cas.

Bagi anda yang ingin menyewa e-scooter jam operasional buka setiap hari pada mulai pukul 06.00 hingga 21.00 WIB.



Penulis  :
- Cok Putri Nadilla Visda A. 
- M. Farhan Rizqullah P 
- Stefani Wijaya 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempo Siasati Isu Konvergensi Media

doc. Google Meski sempat dibredel beberapa kali, namun majalah Tempo bangkit kembali dengan karakternya yang khas. Bahasa yang singkat, tidak bertele-tele, headline dan cover majalah yang menarik, semua hal tersebut membuat pembaca ingin membaca lebih dalam mengenai majalah Tempo. Tentunya hasil yang sedemikian rupa memerlukan proses yang tidak mudah pula. Redaktur Pelaksana Sains, Sport & Kolom , Yos Rizal , menerangkan tentang proses produksi majalah Tempo kepada kami, yang datang Jumat (10/10) lalu. D idukung dengan visualisasi slide power point yang sudah disiapkan , Yos Rizal menjelaskannya kepada kami . Proses produksi majalah Tempo hampir tidak jauh berbeda dengan proses produksi pemberitaan di media lain. Dimulai dengan rapat r e d aksi yang membahas tentang usulan mengenai isu apa sajakah yang menarik untuk dibahas, kemudian dilakukan penugasan kepada reporter, setelah itu reporter akan ‘belanja’ berita di lapangan. Setelah mendapatkan informasi di l...

Kontroversi Vlog Logan Paul di "Suicide Forest Aokigahara"

Credit: youtube.com Pada awal tahun 2018 muncul sebuah video viral Youtube mengenai Logan Paul yang mendokumentasikan seorang korban bunuh diri dalam vide blog nya (vlog). Di dalam video tersebut, Logan Paul menemukan badan korban bunuh diri di dalam hutan Aokigahara saat sedang v logging . Setelah menemukan mayat gantung diri, Logan Paul kemudian berkata bahwa aksi bunuh diri dan sifat depresi merupakan masalah yang serius. Setelah video tersebut diunggah ke Youtube pada tanggal 31 Desember 2017 lalu, Logan Paul menerima kritik di dunia maya karena mengeksploitasi korban aksi bunuh diri sebagai clickbait untuk mendapatkan views .  Video tersebut seketika mendatangkan kontroversi secara online mengenai bagaimana Logan Paul meremehkan isu bunuh diri demi menaikan karirnya sebagai seorang Youtuber. Akun Twitter milik Youtube memberikan pernyataan pada 9 Januari 2018 bahwa mereka menganggap video tersebut tidak dapat ditolerir dan telah melakukan aksi tindak lanj...

Mau Ajukan Cicilan Uang Kuliah, Begini Caranya

Sapta AP - MeClub UB Jakarta - Bagi Sobat MeClub yang memiliki kesulitan memenuhi kewajiban pembayaran uang kuliah, meskipun dengan sistem pembayaran virtual account (VA), Kamu masih bisa mengajukan permohonan cicilan. Wakil Rektor Bidang Non-Akademik, Dr. Darminto, MBA, mengakui bahwa pada semester-semester sebelumnya, sejumlah mahasiswa sering mengajukan banyak variasi mengenai cicilan, seperti besaran pembayaran biaya pertama dan jumlah cicilan pembayaran. Saat ini sistem cicilan biaya kuliah sudah dibuat dengan cara yang lebih praktis dan lebih seragam. Secara umum, mahasiswa yang mengajukan cicilan pembayaran akan diberikan keringanan hanya untuk membayar BOP dan biaya registrasi sebagai pembayaran pertama. Darminto sendiri mengungkapkan bahwa pihak kampus akan melakukan negosiasi terkait besaran biaya pertama dan jumlah cicilan. "Untuk yang mendapat beasiswa Cemerlang, kalau misalnya dia mengajukan pembayaran pertama sebesar 4 juta sementara dia harus...