![]() |
Doc: Google |
Pemerintah
menerapkan peraturan untuk bekerja dari rumah atau work from home demi mencegah
penyebaran infeksi virus corona (COVID-19). Hashtag #dirumahaja pun ramai
diperbincangkan di dunia maya.
Produktivitas
saat bekerja dari rumah sering kali menurun karena banyak gangguan dan kurang
pengawasan. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan
produktivitas saat work from home.
Berikut
beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas saat work
from home.
1.
Membuat jadwal
Work
from home bukan berarti liburan atau berleha-leha di rumah. Agar tidak menjadi
kaum rebahan selama menjalankan work from home, buatlah jadwal untuk bekerja
dan taatilah jadwal tersebut. Misalnya bekerja mulai dari pukul 8 pagi hingga
pukul 5 sore.
Pastikan
anda memulai pekerjaan tersebut sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Jangan
mulai bekerja sebelum jadwal dan selesaikan pekerjaan tepat waktu.
2.
Beri jeda setiap 120 menit
Dikutip dari Inc, studi menunjukkan memberi jeda pada pekerjaan dapat meningkatkan
produktivitas. Beri jeda setiap 90-120 menit selama 10-15 menit. Jeda tersebut dapat
dilakukan untuk istirahat sejenak, mencari udara segar, atau melakukan
peregangan.
3.
Matikan notifikasi
Saat
bekerja, seringkali kita melakukan pekerjaan sambil bermain handphone. Hal
tersebutlah yang membuat fokus kita terbagi dan pekerjaan pun menjadi
terganggu. Tingkatkan fokus dengan cara mematikan sejumlah notifikasi yang
tidak penting seperti media sosial dan pemberitahuan sejumlah aplikasi.
4.
Pilih lokasi yang nyaman
Pilihlah
lokasi yang nyaman untuk bekerja seperti di ruang keluarga, ruang tamu, atau
pekarangan rumah. Hindari bekerja di tempat tidur karena dapat merusak
produktivitas. Siapkan pula barang-barang yang dapat mendukung suasan hati. Misalnya: Foto keluarga, tanaman, hingga camilan.
5.
Ingat tujuan bekerja
Bekerjalah
dengan tujuan dan minat yang baik. Saat bekerja dari rumah ingat kembali tujuan
tersebut. Dikutip dari Medium, tujuan itu dapat meningkatkan produktivitas saat
bekerja, membuat anda lebih bersemangat, dan bekerja dengan lebih ikhlas.
Sumber: CNN Indonesia
Komentar
Posting Komentar