Langsung ke konten utama

WEBSITE DAN PERANANANYA BAGI GENERASI MILLENIALS

Gambar 1: Dosen Tamu saat memberikan paparan mengenai SEO dan SEM

Bicara mengenai teknologi, tentu bukan hal yang baru. Saat ini, banyak berubah karena peranan teknologi. Bukan hanya perkembangannya yang semakin canggih, diharapkan para penggunanya pun cerdas memanfaatkan teknologi. 2018 adalah tahun emas bagi generasi  muda. Tak heran kaum millenial memanfaatkan teknologi sebagai kebutuhan berbagi infomasi. Begitu besar peran teknologi terhadap keberlangsungan hidup yang diakses melalui internet untuk kebutuhan pemenuh informasi salah satunya adalah website.

Melihat fenomena ini, Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie mengadakan Guest Lecturer untuk melihat bagaimana teknologi banyak berpengaruh bagi generasi millennial khususnya mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Bakrie. Acara yang mengangkat tema Enhaching Digital Marketing Trough Website and SEO Strategy  ini membahas bagaimana website dan bisnis saling berhubungan. Acara yang dilaksanakan pada 22 Mei 2018 di Ruang 1 dan 2 Universitas Bakrie ini, membahas dua topic besar, yaitu Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO). Pengisi materi pada Guest Lecturer kali ini adalah dari Gapura Digital yang merupakan program dari Google. Gapuran Digital ini adalah sebuah pelatihan bagi pelaku usaha kecil dan menengah, yang merupakan program yang mendukung Usaha Kecil Menengah dalam memajukan bisnis melalu digital di Indonesia.

Salah satu Dosen tamu pada Guest Lecturer ini, Seorang Project Manager Bangunan dari Gapura Digital, Krisma Wibowo menjelaskan sekitar 85% orang di dunia senang menulis termasuk dirinya. Ia menuturkan bahwa website itu merupakan aset yang sangat penting dimiliki setiap orang selain media sosial. Menurutnya, website merupakan tonggak, dimana setiap orang satu sama lain dapat berinteraksi. “Website itu penting, itu seperti halnya bangunan di dunia asli. Website itu memberi asset digital dimana orang bisa mengunjungi, orang bisa melihat terutama untuk membranding diri sendiri,”. Ujar Krisma.

Selanjutnya, Kurnia Dharmawan selaku Entrepreneur, Educator dan Investor dari Gapura Digital menuturkan, agar website yang kita miliki dapat menjadi website yang pertama atau artikel yang terletak dibagian awal kita harus memperhatikan ketentuan dari SEO dan SEM dari artikel tersebut. Menurutnya, SEO dan SEM sangat berperan penting dalam peningkatan suatu website dimana kalau website tersebut belum memenuhi aturan SEO maka kecil kemungkinan website tersebut akan dikunjungi oleh masyarakat.

Diharapkan, kegiatan Guest Lecturer yang kerap diadakan oleh Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie dapat meningkatkan ilmu dan manfaat praktis bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie. Di era yang semakin canggih seperti saat ini, diharapkan banyak bisnis yang dapat dilakukan dan dijalankan oleh generasi muda saat ini, dan tidak menutup kemungkinan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie.





Penulis : Poppy Yendriani
Editor   : Ari Kurnia


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempo Siasati Isu Konvergensi Media

doc. Google Meski sempat dibredel beberapa kali, namun majalah Tempo bangkit kembali dengan karakternya yang khas. Bahasa yang singkat, tidak bertele-tele, headline dan cover majalah yang menarik, semua hal tersebut membuat pembaca ingin membaca lebih dalam mengenai majalah Tempo. Tentunya hasil yang sedemikian rupa memerlukan proses yang tidak mudah pula. Redaktur Pelaksana Sains, Sport & Kolom , Yos Rizal , menerangkan tentang proses produksi majalah Tempo kepada kami, yang datang Jumat (10/10) lalu. D idukung dengan visualisasi slide power point yang sudah disiapkan , Yos Rizal menjelaskannya kepada kami . Proses produksi majalah Tempo hampir tidak jauh berbeda dengan proses produksi pemberitaan di media lain. Dimulai dengan rapat r e d aksi yang membahas tentang usulan mengenai isu apa sajakah yang menarik untuk dibahas, kemudian dilakukan penugasan kepada reporter, setelah itu reporter akan ‘belanja’ berita di lapangan. Setelah mendapatkan informasi di l

Coffee Traveler #2: All About Coffee

dok. pribadi Kedai kopi merupakan hal yang tidak asing lagi di telinga masyarakat saat ini. Menikmati kopi di kedai kopi langsung telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia masa kini. Semakin berkembangnya zaman, kedai kopi bukan hanya dijadikan sebagai tempat untuk minum kopi saja. Tempat yang nyaman dengan suasana yang nyaman membuat konsumen betah dan menjadikannya sebagai tempat pertemuan atau meeting point . Journey Coffee merupakan salah satu kedai kopi yang berlokasi di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Lokasinya pun strategis yaitu berada dipinggir jalan raya. Kedai kopi ini berdiri sejak tahun 2014. Buka dari jam 10.00 hingga 23.00 WIB pada weekdays dan jam 10.00 hingga 24.00 WIB saat weekend . Fasilitas yang disediakan berupa wifi, toilet serta area parkir. Journey Coffee memiliki 2 lantai, lantai pertama merupakan area atau ruangan bebas asap rokok karena difasilitasi dengan AC dan lantai kedua dikhusus kan untuk smoking area dengan design yang menarik.

Menilik Kelompok Musik Tunanetra di CFD Jakarta

Grup musik disabilitas tunanetra , Smart Voice Kegiatan car free day (CFD) di  Jakarta selalu ramai lalu-lalang warga untuk berolahraga atau sekedar menikmati suasana ibu kota yang penuh gedung pencakar langit tanpa terganggu kendaraan bermotor. Namun, dibalik hiruk-pikuk tersebut, terselip orang-orang yang mengais rezeki dari ramainya suasana. Adalah Smart Voice , sekelompok musisi jalanan ‘unik’ yang biasa menggelar pertunjukan music jalanannya setiap Minggu pagi di kawasan CFD Sudirman, Jakarta. Penyebutan unik bukan tanpa alasan, hal itu dikarenakan seluruh anggotanya yang merupakan warga disabilitas tunanetra. Kelompok musik ini digawangi oleh Nasripan, Ipul, Hendri, Budi, Sumantri, dan Sumirah. Budi  (kanan) dan Sumantri (kiri) anggota  Smart Voice Menurut Sumirah (40) Smart Voice terbentuk pada tahun 2018 lalu. Awalnya karena seluruh anggotanya yang merupakan binaan sebuah panti sosial tunanetra dibilangan Bekasi, Jawa Barat. Disanalah mereka dilatih kete