Langsung ke konten utama

Tips Kuliah Santai Lulus Tepat Waktu, Emang Bisa?

Sumber image: https://polka.id/category/coretan/akademik/page/12/


Siapa sih yang nggak mau lulus tepat waktu atau bahkan cumlaude ?

Sejak pertama kali menjadi mahasiswa, kamu pasti ingin  bisa lulus tepat waktu dan segera bekerja agar bisa membahagiakan orang tua. Namun, zaman sekarang tidak semua mahasiswa bisa lulus tepat waktu. Penyebabnya bisa dari pengaruh terhadap pergaulan atau kurang memperhatikan pelajaran saat perkuliahan.

Nah! Untuk kamu-kamu team mahasiswa lama yang ingin ‘kembali ke jalan yang benar’ atau kamu team mahasiwa baru yang masih punya ambisis menggebu-gebu untuk lulus tepat waktu. 
Nih! Kita kasih tips & tric-nya!

1. Jangan Lupakan Kewajibanmu Sebagai Mahasiswa Yaa!
Kewajiban semua mahasiswa dari berbagai macam jurusan itu sama saja yakni belajar, jadi jangan lupa meluangkan waktumu secukupnya untuk belajar atau me-refresh kembali materi yang telah disampaikan dosen. Bukan hanya belajar sebagai seorang mahasiswa, kamu juga harus mencari pengalaman sebanyak-banyaknya diluar kampus untuk bekal nanti.

2. Yuk, Belajar Aktif di Kelas!
Sering bertanya saat dosen atau temanmu presentasi, aktif berdiskusi, maupun menjawab pertanyaan dosen mengenai materi merupakan cara terbaik agar dosen memberikanmu catatan positif. Jadi lumayan kan untuk menambah nilai IPK-mu. Untuk bisa aktif dalam forum kelas, cukup dengan keberanian dalam bertanya atau menjawab pertanyaan yang disampaikan dosen.

3. Jangan Terlalu Sering Hangout Dan Bersenang-Senang
Hangout dan bersenang-senang yang sering banget dilakukan sama mahasiswa, apalagi kalo ada tempat baru yang instagramable atau tempat-tempat kekinian. Nggak ada salahnya kamu hangout atau bersenang-senang tapi ingat harus ada batasannya. Telalu sering hangout akan merugikan kamu juga, seperti tidak fokus kuliah dan menunda tugas.

4.  Atur Schedule Dengan Baik
Beban yang ditanggung seorang mahasiswa memang tidak sedikit diantaranya harus mengikuti sesi kuliah, mengerjakan tugas individu ataupun kelompok dan aktif megurusi organisasi. Ketika kamu tumbuh semakin dewasa maka tugas dan tanggungjawa kamu akan semakin bertambah, begitu juga ketika kamu menjadi mahasiswa. Kegiatan kamu pasti tidak hanya sekedar datang kuliah tapi juga tugas dan kegiatan lainnya, jadi kamu harus pintar memanage waktu dengan baik ndan wajib mendahulukan tugas yang diprioritaskan.

5. Kerjakan Tugas Kuliahmu Dengan Disiplin dan Teliti Yaa!
Tugas merupakan salah satu patokan dosen dalam menilai mahasiswa. Tugas sangat mempengaruhi IPK-mu. Jadi, kamu harus mengerjakan tugas dengan disiplin dan teliti agar bisa diberikan nilai tugas terbaik. Dan ingat, jangan pernah melakukan plagiarisme ya Sobat MeClub!.

6. Kurangi Kebiasan Bolos
Semua mahasiwa pasti pernah bolos kuliah, entah karena kesiangan atau malas. Bolos kuliah sangat merugikan diri sendiri. Kamu akan ketinggalan mata pelajaran dihari itu dan kehilangan absen.  Apalagi ada beberapa kampus yang menarapkan aturan jika kamu bolos kuliah lebih dari 3 kali dalam satu semester, kamu tidak bisa mengikuti UAS. Wahhh, sayang ya!

7. Berlaku Baik Pada Dosen Dan Sesama Mahasiswa
Salah satu tips untuk lulus kuliah tepat waktu adalah bersikap baik pada dosen dan sesama mahasiswa. Banyak hal yang akan kamu dapatkan bila bersikap baik pada dosen dan sesama mahasiswa, kamu akan dinilai sebagai pribadi yang baik dan akan memiliki banyak teman yang bisa membantumu dalam perkuliahan maupun di luar perkuliahan.
8. Selalu Berdoa
Tips terakhir adalah berdoa, sesibuk apapun kamu wajib meluangkan waktu untuk berdoa kepada Tuhan. Dengan berdoa kita akan menjadi lebih dekat Tuhan,  dengan begitu Tuhan akan mempermudah kita dalam mencapai tujuan.



Selamat mencoba ya Sobat MeClub!!

                                                      

Sumber :

https://www.idntimes.com/life/education/amp/fauzul-adhym-almuhtadyn/10-tips-lulus-kuliah-tepat-waktu-dengan-ipk-cum-laude-yang-bisa-dilakukuan-semua-orang-c1c2



Editor                   : Meidiana Aprilliani
Reporter              : Khairunnisa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempo Siasati Isu Konvergensi Media

doc. Google Meski sempat dibredel beberapa kali, namun majalah Tempo bangkit kembali dengan karakternya yang khas. Bahasa yang singkat, tidak bertele-tele, headline dan cover majalah yang menarik, semua hal tersebut membuat pembaca ingin membaca lebih dalam mengenai majalah Tempo. Tentunya hasil yang sedemikian rupa memerlukan proses yang tidak mudah pula. Redaktur Pelaksana Sains, Sport & Kolom , Yos Rizal , menerangkan tentang proses produksi majalah Tempo kepada kami, yang datang Jumat (10/10) lalu. D idukung dengan visualisasi slide power point yang sudah disiapkan , Yos Rizal menjelaskannya kepada kami . Proses produksi majalah Tempo hampir tidak jauh berbeda dengan proses produksi pemberitaan di media lain. Dimulai dengan rapat r e d aksi yang membahas tentang usulan mengenai isu apa sajakah yang menarik untuk dibahas, kemudian dilakukan penugasan kepada reporter, setelah itu reporter akan ‘belanja’ berita di lapangan. Setelah mendapatkan informasi di l

Coffee Traveler #2: All About Coffee

dok. pribadi Kedai kopi merupakan hal yang tidak asing lagi di telinga masyarakat saat ini. Menikmati kopi di kedai kopi langsung telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia masa kini. Semakin berkembangnya zaman, kedai kopi bukan hanya dijadikan sebagai tempat untuk minum kopi saja. Tempat yang nyaman dengan suasana yang nyaman membuat konsumen betah dan menjadikannya sebagai tempat pertemuan atau meeting point . Journey Coffee merupakan salah satu kedai kopi yang berlokasi di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Lokasinya pun strategis yaitu berada dipinggir jalan raya. Kedai kopi ini berdiri sejak tahun 2014. Buka dari jam 10.00 hingga 23.00 WIB pada weekdays dan jam 10.00 hingga 24.00 WIB saat weekend . Fasilitas yang disediakan berupa wifi, toilet serta area parkir. Journey Coffee memiliki 2 lantai, lantai pertama merupakan area atau ruangan bebas asap rokok karena difasilitasi dengan AC dan lantai kedua dikhusus kan untuk smoking area dengan design yang menarik.

Menilik Kelompok Musik Tunanetra di CFD Jakarta

Grup musik disabilitas tunanetra , Smart Voice Kegiatan car free day (CFD) di  Jakarta selalu ramai lalu-lalang warga untuk berolahraga atau sekedar menikmati suasana ibu kota yang penuh gedung pencakar langit tanpa terganggu kendaraan bermotor. Namun, dibalik hiruk-pikuk tersebut, terselip orang-orang yang mengais rezeki dari ramainya suasana. Adalah Smart Voice , sekelompok musisi jalanan ‘unik’ yang biasa menggelar pertunjukan music jalanannya setiap Minggu pagi di kawasan CFD Sudirman, Jakarta. Penyebutan unik bukan tanpa alasan, hal itu dikarenakan seluruh anggotanya yang merupakan warga disabilitas tunanetra. Kelompok musik ini digawangi oleh Nasripan, Ipul, Hendri, Budi, Sumantri, dan Sumirah. Budi  (kanan) dan Sumantri (kiri) anggota  Smart Voice Menurut Sumirah (40) Smart Voice terbentuk pada tahun 2018 lalu. Awalnya karena seluruh anggotanya yang merupakan binaan sebuah panti sosial tunanetra dibilangan Bekasi, Jawa Barat. Disanalah mereka dilatih kete