Langsung ke konten utama

Yuk, Berekplorasi di Laboratorium Ilmu Komunikasi!



Sobat MeClub pasti sudah tidak asing lagi dong dengan kata-kata “experience the real things?. Ya, tagline Universitas Bakrie (UB) yang populer tersebut memang sepertinya sudah tertanam di benak para civitas akademika UB.

Pihak UB pun merealisasi tagline tersebut dengan menyediakan berbagai macam fasilitas. Salah satunya bisa terlihat dari program studi (prodi) Ilmu Komunikasi UB. Prodi ini menyediakan fasilitas laboratorium ilmu komunkasi yang lengkap. Laboratorium tersebut terdiri dari TV studio, photoghraphy studio, radio studio, creative multimedia lab, dan conference and FGD room.
Laboratorium yang terletak di Kampus Bakrie Tower Lt. 90 ini juga berisikan alat-alat canggih yang sangat mendukung pembelajaran. Nah, yuk simak selengkapnya!

Studio TV
Studio ini dilengkapi dengan peralatan canggih seperti kamera, telepromter, lighting, dan beberapa fasilitas pelengkap seperti bangku dan meja. Studio TV ini juga terintegrasi dengan control room. Terintegrasinya dua tempat tersebut, yaitu  studio TV dan control room, membuat kita bisa melakukan pratikum siaran secara langsung ataupun tunda. 
Studio Fotografi
Studio yang letaknya berada paling belakang ini tidak kalah keren lho, sobat meclub. Studio ini dilengkapi dengan perlengkapan fotografi lengkap seperti adanya kamera DSLR, lighting, dan backdrop. Fasilitas tersebut mendukung terciptanya hasil foto yang sempurna. Dengan lengkapnya fasilitas tersebut, studio ini sering digunakan untuk keperluan produksi iklan cetak dan daring serta eksperimen foto. 


Laboratorium Kreatif dan Multimedia / Studio Editing
Laboratorium ini letaknya bersebelahan dengan studio TV. Fasilitasnya pun ga kalah keren, sobat meclub. Di dalam laboratorium ini ada 15 iMac dari Machintosh dengan software yang canggih dan tentunya terhubung dengan koneksi internet yang cepat. Biasanya fasilitas ini digunakan untuk keperluan desain dan editing. Tak jarang fasilitas ini juga digunakan untuk memproduksi iklan cetak, iklan TV, iklan radio, film, dan produksi materi cyber Public Relations (PR).

Studio Radio
Studio ini dilengkapi dengan software yang memungkinkan mahasiswa untuk melakukan siaran secara streaming. Studio ini juga dilengkapi dengan controller, microfon, dan line telephone. Selain itu, studio ini juga terdapat ruang khusus yang disebut sebagai “ruang talkshow”. Ruang ini digunakan ketika mengundang narasumber untuk keperluan program siaran tertentu. 

Ruang Focus Group Discussion ( FGD) / Meeting Room
Letak ruang ini berada di antara studio radio dan ruang kontrol studio TV. Ruangan ini biasanya digunakan untuk berdiskusi forum mengenai mata kuliah stratejik branding dan penelitian kualitatif. Tak hanya itu, ruangan ini juga sering dijadikan sebagai ruang rapat redaksi dan tempat berlatih konferensi pers. Ruangan ini sangat nyaman karena fasilitasnya pun ga kalah lengkap lho, sobat meclub. Terdapat sound system, TV, dan beberapa tools  untuk keperluan persentasi yang membuat ruangan ini semakin nyaman.


Nah! Sobat MeClub, itu dia sedikit penjabaran dari fasilitas laboratorium ilkom UB. Yuk bereksplorasi dan ciptakan berbagai karya kreatif di laboratorium Ilkom. Namun ingat yaaa, gunakan fasilitas tersebut secara bijak dengan menjaga keberlangsungannya agar adik-adik kita tetap terus dapat menikmati fasilatas yang lengkap ini!


Editor                    : Meidiana Aprilliani
Reporter                : Firly Fenty



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempo Siasati Isu Konvergensi Media

doc. Google Meski sempat dibredel beberapa kali, namun majalah Tempo bangkit kembali dengan karakternya yang khas. Bahasa yang singkat, tidak bertele-tele, headline dan cover majalah yang menarik, semua hal tersebut membuat pembaca ingin membaca lebih dalam mengenai majalah Tempo. Tentunya hasil yang sedemikian rupa memerlukan proses yang tidak mudah pula. Redaktur Pelaksana Sains, Sport & Kolom , Yos Rizal , menerangkan tentang proses produksi majalah Tempo kepada kami, yang datang Jumat (10/10) lalu. D idukung dengan visualisasi slide power point yang sudah disiapkan , Yos Rizal menjelaskannya kepada kami . Proses produksi majalah Tempo hampir tidak jauh berbeda dengan proses produksi pemberitaan di media lain. Dimulai dengan rapat r e d aksi yang membahas tentang usulan mengenai isu apa sajakah yang menarik untuk dibahas, kemudian dilakukan penugasan kepada reporter, setelah itu reporter akan ‘belanja’ berita di lapangan. Setelah mendapatkan informasi di l

Coffee Traveler #2: All About Coffee

dok. pribadi Kedai kopi merupakan hal yang tidak asing lagi di telinga masyarakat saat ini. Menikmati kopi di kedai kopi langsung telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia masa kini. Semakin berkembangnya zaman, kedai kopi bukan hanya dijadikan sebagai tempat untuk minum kopi saja. Tempat yang nyaman dengan suasana yang nyaman membuat konsumen betah dan menjadikannya sebagai tempat pertemuan atau meeting point . Journey Coffee merupakan salah satu kedai kopi yang berlokasi di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Lokasinya pun strategis yaitu berada dipinggir jalan raya. Kedai kopi ini berdiri sejak tahun 2014. Buka dari jam 10.00 hingga 23.00 WIB pada weekdays dan jam 10.00 hingga 24.00 WIB saat weekend . Fasilitas yang disediakan berupa wifi, toilet serta area parkir. Journey Coffee memiliki 2 lantai, lantai pertama merupakan area atau ruangan bebas asap rokok karena difasilitasi dengan AC dan lantai kedua dikhusus kan untuk smoking area dengan design yang menarik.

Menilik Kelompok Musik Tunanetra di CFD Jakarta

Grup musik disabilitas tunanetra , Smart Voice Kegiatan car free day (CFD) di  Jakarta selalu ramai lalu-lalang warga untuk berolahraga atau sekedar menikmati suasana ibu kota yang penuh gedung pencakar langit tanpa terganggu kendaraan bermotor. Namun, dibalik hiruk-pikuk tersebut, terselip orang-orang yang mengais rezeki dari ramainya suasana. Adalah Smart Voice , sekelompok musisi jalanan ‘unik’ yang biasa menggelar pertunjukan music jalanannya setiap Minggu pagi di kawasan CFD Sudirman, Jakarta. Penyebutan unik bukan tanpa alasan, hal itu dikarenakan seluruh anggotanya yang merupakan warga disabilitas tunanetra. Kelompok musik ini digawangi oleh Nasripan, Ipul, Hendri, Budi, Sumantri, dan Sumirah. Budi  (kanan) dan Sumantri (kiri) anggota  Smart Voice Menurut Sumirah (40) Smart Voice terbentuk pada tahun 2018 lalu. Awalnya karena seluruh anggotanya yang merupakan binaan sebuah panti sosial tunanetra dibilangan Bekasi, Jawa Barat. Disanalah mereka dilatih kete