Langsung ke konten utama

Ketoprak Legendaris Selatan Jakarta





Ketoprak merupakan sebuah makanan yang sudah sangat sering ditemui oleh semua warga Ibu Kota. Bagi pecinta makanan berbumbu kacang ini, tidaklah mungkin anda tidak mengetahui kelezatan Ketoprak Ciragil yang sudah ada sejak tahun 1994 ini. Terletak di Jalan Ciragil II No.24, RT 06/RW01, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

Pada dasarnya belum ada yang tahu pasti darimana asal mula makanan Ketoprak tercipta. Jakarta, Cirebon, bahkan Jawa tengah ketiga daerah tersebut memiliki ciri khas tersendiri dari cara penyajian hingga isian yang ada pada piringnya. Ketoprak sering diartikan sebagai singkatan dari ketupat, toge yang digeprak. Jika dilihat dari isian yang disajikan dalam setiap piringnya singkatan tersebut bisa saja berarti benar.

Meski sangat mudah menemukan nya di jalanan hingga restoran mahal, jika ditanyakan pada setiap warga Ibu Kota masih banyak yang tidak mengetahui asal mula dari sebuah ketoprak yang mereka makan. Hal misterius selanjutnya berasal dari jenis gerobak yang digunakan untuk berjualan ketoprak pada jajanan kaki lima, gerobak yang digunakan setiap pedagang hampir memiliki bentuk yang sama seperti sebuah perahu.   

Peralatan masak yang dimiliki oleh setiap pedagang ketoprak pun memiliki ciri khas tersendiri, dimana terdapat panci stainless lengkap bersama kompor yang diletakan pada ujung gerobak, ulekan untuk menghaluskan bumbu kacang, bawang putih dan gula merah menjadi satu dan tidak lupa pula kaleng biskuit bekas yang dijadikan sebagai wadah penyimpanan kerupuk, entah darimana asal penggunaan alat – alat tersebut berasal, tetapi hal tersebut masih dijadikan sebagai acuan dari sebuah pedagang ketoprak untuk berjualan.

Semua keunikan yang berasal dari pedagang ketoprak kaki lima tersebut tidak dimiliki oleh Ketoprak Ciragil. Pada Ketoprak Ciragil mereka berjualan tanpa menggunakan gerobak yang menyerupai perahu, serta yang menjadi pembeda antara Ketoprak Ciragil dengan ketoprak lainnya berasal dari bumbu kacang yang disiram bukan berasal dari bumbu kacang yang harus melalui proses ulekan pada setiap sajian nya. Tetapi hal itu menjadi keunikan tersendiri bagi Ketoprak Ciragil.

Ketoprak Ciragil berdiri pertama kali pada tahun 1994 , didirikan oleh Hj Taslani bersama istrinya. Sebelum berjualan Ketoprak Ciragil sepasang suami istri ini pernah berjualan keliling layaknya pedagang ketoprak pada umumnya. Setelah beberapa tahun berjualan keliling Taslani beserta istri memutuskan untuk berjualan menetap di sebuah warung, yang hingga kini dikenal sebagai Ketoprak Ciragil.


Kacang mede merupakan bahan utama dari pembuatan bumbu kacang pada Ketoprak Ciragil, dan sekaligus bahan yang menjadi pembeda dengan ketoprak lainnya. Penggunaan kacang mede diyakini Taslani dapat memberikan cita rasa tersendiri dari sebuah bumbu kacang. “ Disini kita pakai kacang mede, biar gurih dan beda dari ketoprak lain.” Ujar Taslani selaku pemilik Ketoprak Ciragil pada (21/12/18).

Tingkat kepedasan dari Ketoprak Ciragil dapat ditentukan sendiri oleh selera pelanggan ketika sepiring ketoprak pesanan datang, hal ini disebabkan karena pada Ketoprak Ciragil pelanggan diberikan semangkok cabe yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan air. Cara penyajian ini tentu sangat berbeda dengan cara penyajian ketoprak pada umumnya, karena pada ketoprak yang dijual di jalanan tingkat kepedasan diatur oleh pelanggan pada saat sebelum ketoprak dihidangkan dengan cara dihaluskan bersamaan dengan bumbu lainnya. Pada Ketoprak Ciragil pelanggan tidak akan menemukan pemandangan ketika seorang penjual ketoprak mengulek semua bahan – bahan yang dijadikan bumbu kacang. Hal ini dikarenakan bumbu kacang yang ada di Ketoprak Ciragil sudah dihaluskan terlebih dahulu sebelum ada yang memesan.

Penambahan isian telur dadar, telur ceplok dan telur asin merupakan elemen pembeda lainnya dari Ketoprak Ciragil, ketiga jenis isian tersebut dapat dipilih oleh pelanggan dan disesuaiakan dengan selera masing – masing.

Sumber Foto : Dokumen Pribadi Kelompok.


 Ketoprak Ciragil memiliki dua jenis pilihan, tanpa telur memiliki harga Rp.18.000 dan yang menggunakan telur Rp.22.000 untuk semua jenis telur yang dipilih memiliki harga yang sama. Selain menjual ketoprak, Warung Ketoprak Ciragil juga menyajikan berbagai menu makanan dan minuman seperti baso, somay, dan es podeng dan masih banyak lainnya. Semua makanan dan minuman tersebut menjadi menu pelengkap dari warung mereka.

Buka setiap hari dari jam 10.00 WIB hingga pukul 17.00WIB membuat Ketoprak Ciragil tidak pernah sepi akan pengunjung, bahkan dihari libur pun ketoprak ini dijadikan destinasi wisata kuliner untuk keluarga. Walaupun Ketoprak Ciragil bisa dibeli dengan cara memesan secara online melalaui aplikasi Gojek tetapi para pengunjung setianya masih memilih untuk tetap datang sendiri dan menikmati ketoprak ini. “ Saya tidak pernah pesan melalui Gojek, karena datang lansung memiliki kepuasan tersendiri pada saat makannya.” Ujar Efendi salah satu pengunjung Ketoprak Ciragil pada (21/12/2018).

Sumber Foto : Dokumen Pribadi Kelompok

Jam berkunjung yang sangat disarankan ketika ingin berkunjung ke Warung Ketoprak Ciragil adalah setelah jam makan siang, karena pada saat jam makan siang warung ini sangat ramai akan pengunjung, terdapat antrian yang lumayan banyak jika berkunjung pada jam tersebut, hal ini disebabkan karena Ketoprak Ciragil memiliki cita rasa tersendiri dari para pelanggannya. “Saya makan disini sejak sepuluh tahun yang lalu, dikenalkan oleh orang tua, keterusan deh sampe sekarang, rasanya khas banget beda dengan ketoprak lain yang saya pernah coba.” Ujar Hans selaku pengunjung pada (21/12/18).

Jika Dilihat dari informasi gizi yang dimiliki oleh setiap hidangan ketoprak, jenis makanan ini memiliki sejumlah kandungan gizi yang cukup banyak. Satu hal yang dapat dipastikan jika mengkonsumsi ketoprak tubuh manusia akan memiliki kandungan gizi yang baik dan cukup, karena menggunakan toge sebagai isian pada setiap hidangan nya, seperti yang kita ketahui toge memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh seperti melancarkan pencernaan, meningkatkan metabolism tubuh, dan masih banyak manfaat lainnya bagi tubuh manusia.



Proses pembuatan dan menggunakan bahan yang sederhana membuat Ketoprak Ciragil masih bertahan hingga sekarang dan masih diminati oleh pelanggan nya. Jika mengkonsumsi Ketoprak Ciragil sekali dalam satu hari, maka kebutuhan gizi untuk tubuh manusia sudah terpenuhi, ditambah penggunaan kacang mete yang bergungsi untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kepadatan tulang dan yang paling terpenting jika sedang menjalani proses diet kacang mete juga dapat membantu menurunkan berat badan. Jadi jika anda sedang menjalani proses diet tidak perlu khawatir saat mengkonsumsi ketoprak terkhususnya Ketoprak Ciragil, karena bahan makanan yang digunakan juga dapat membantu proses diet anda.

Meski asal mula ketoprak tidak pernah dinyatakan kebenaran asal nya, Ketoprak Ciragil memiliki ciri khas tersendiri dari setiap piringnya, dimulai dari penggunaan kacang mede sebagai bumbu kacang dan penggunaan gerobak yang berbeda dengan kebanyakan pedagang ketoprak yang ada di Jakarta. 


Penulis:
Mhd. Irfan              
Habiba Aliya          
Vhebrury bunga      

Komentar

  1. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempo Siasati Isu Konvergensi Media

doc. Google Meski sempat dibredel beberapa kali, namun majalah Tempo bangkit kembali dengan karakternya yang khas. Bahasa yang singkat, tidak bertele-tele, headline dan cover majalah yang menarik, semua hal tersebut membuat pembaca ingin membaca lebih dalam mengenai majalah Tempo. Tentunya hasil yang sedemikian rupa memerlukan proses yang tidak mudah pula. Redaktur Pelaksana Sains, Sport & Kolom , Yos Rizal , menerangkan tentang proses produksi majalah Tempo kepada kami, yang datang Jumat (10/10) lalu. D idukung dengan visualisasi slide power point yang sudah disiapkan , Yos Rizal menjelaskannya kepada kami . Proses produksi majalah Tempo hampir tidak jauh berbeda dengan proses produksi pemberitaan di media lain. Dimulai dengan rapat r e d aksi yang membahas tentang usulan mengenai isu apa sajakah yang menarik untuk dibahas, kemudian dilakukan penugasan kepada reporter, setelah itu reporter akan ‘belanja’ berita di lapangan. Setelah mendapatkan informasi di l

Coffee Traveler #2: All About Coffee

dok. pribadi Kedai kopi merupakan hal yang tidak asing lagi di telinga masyarakat saat ini. Menikmati kopi di kedai kopi langsung telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia masa kini. Semakin berkembangnya zaman, kedai kopi bukan hanya dijadikan sebagai tempat untuk minum kopi saja. Tempat yang nyaman dengan suasana yang nyaman membuat konsumen betah dan menjadikannya sebagai tempat pertemuan atau meeting point . Journey Coffee merupakan salah satu kedai kopi yang berlokasi di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Lokasinya pun strategis yaitu berada dipinggir jalan raya. Kedai kopi ini berdiri sejak tahun 2014. Buka dari jam 10.00 hingga 23.00 WIB pada weekdays dan jam 10.00 hingga 24.00 WIB saat weekend . Fasilitas yang disediakan berupa wifi, toilet serta area parkir. Journey Coffee memiliki 2 lantai, lantai pertama merupakan area atau ruangan bebas asap rokok karena difasilitasi dengan AC dan lantai kedua dikhusus kan untuk smoking area dengan design yang menarik.

Menilik Kelompok Musik Tunanetra di CFD Jakarta

Grup musik disabilitas tunanetra , Smart Voice Kegiatan car free day (CFD) di  Jakarta selalu ramai lalu-lalang warga untuk berolahraga atau sekedar menikmati suasana ibu kota yang penuh gedung pencakar langit tanpa terganggu kendaraan bermotor. Namun, dibalik hiruk-pikuk tersebut, terselip orang-orang yang mengais rezeki dari ramainya suasana. Adalah Smart Voice , sekelompok musisi jalanan ‘unik’ yang biasa menggelar pertunjukan music jalanannya setiap Minggu pagi di kawasan CFD Sudirman, Jakarta. Penyebutan unik bukan tanpa alasan, hal itu dikarenakan seluruh anggotanya yang merupakan warga disabilitas tunanetra. Kelompok musik ini digawangi oleh Nasripan, Ipul, Hendri, Budi, Sumantri, dan Sumirah. Budi  (kanan) dan Sumantri (kiri) anggota  Smart Voice Menurut Sumirah (40) Smart Voice terbentuk pada tahun 2018 lalu. Awalnya karena seluruh anggotanya yang merupakan binaan sebuah panti sosial tunanetra dibilangan Bekasi, Jawa Barat. Disanalah mereka dilatih kete