Langsung ke konten utama

Misteri Terowongan Casablanca


(Sumber foto: Wisata Horor Dunia)

Menggangkat kisah misteri dari selatan kota Jakarta, lebih tepatnya dikawasan Casablanca. Ngomongin tentang Casablanca, gak asing ditelinga kita mendegar akan mitos tentang terowongan yang menghubungkan dari daerah sudirman sampai kuningan hingga melewati terowongan Casablanca yang terkenal akan mistisnya, bahkan pernah didokumentasikan untuk setting film horror.
Konon, banyak yang percaya bahwa terowongan ini sangat angker. 

Banyak peristiwa aneh yang sering terjadi di dalam terowongan. Meskipun saat ini terowongan tersebut sudah semakin ramai namun tetap saja keangkeran terowongan Casablanca tidak pernah berubah seiring dengan mitos yang tersebar di masyarakat. Bukan tanpa alasan, karena tempat yang gelap dan lembab adalah tempat yang paling disukai oleh mahluk halus. Dahulu, menurut cerita penduduk setempat, terowongan ini merupakan bekas kuburan massal.

Ada banyak peristiwa aneh yang terjadi di terowongan Casablanca. Jalan yang dibangun di atas tanah pekuburan ini memang terbilang sangkat angker. Menurut beberapa warga sekitaran Casablanca, ketika pembongkaran kuburan tersebut dilakukan, ada satu jenazah yang masih utuh.

Hal lainnya yaitu  mulai dari terowongan Casablanca sampai kira-kira radius 40 meter sesudahnya, banyak terjadi kecelakaan yang penyebabnya tidak masuk diakal. Biasanya karena pengendara motor atau mobil melihat sosok kuntilanak berbaju merah atau makhluk misterius yang melintas dan terbang di hadapan kendaraan, sehingga pengemudi yang kaget tiba-tiba banting setir dan akhirnya menabrak pembatas jalan.

Tak tanggung-tanggung, bahkan warga yang tinggal di dekat terowongan Casablanca kerap dikagetkan oleh suara tangisan misterius. Namun anehnya, ketika sumber bunyi dihampiri, suara itu justru berpindah-pindah bahkan terkadang menjauh. Jadilah tempat ini semakin angker.
Cerita yang serupa tapi tak sama juga di temukan di tempat ini. Konon, sosok genderuwo dan nenek tua juga kerap mengganggu warga yang melintas. Menurut sesepuh, pusat kekuatan dari makhluk astral terletak di dalam terowongan.
Waktu itu saya ingin berkunjung ke rumah temen saya yang letaknya di daerah Pondok Bambu Asri. Saya mengambil jalur melintasi terowongan casablanca. Kebetulan saat itu mitos tentang hantu terowongan casablanca, tengah hangat dibicarakan,. Malam itu saat saya melintas di terowongan casablanca, dengan kondisi hujan yang rintik-rintik. Berniat untuk pulang sebelum hujan besar, akhirnya saya dengan kecepatan cukup tinggi membawa sepeda motor melewati terowongan casablanca.
Tiba-tiba ditengah jalan sepeda motor yang saya kendarai terasa berat, dan oleng. Kira-kira 5 meter setelah melewati terowongan saya metiba-tiba mata saya seperti ada yang menutup, sehingga saya tak bisa melihat jalan. Alhasil saya menabrak trotoar pinggir jalan, dan badan saya terlempar ke atas trotoar sedangkan motor berjalan sendiri beberapa meter ke depan. Untung hanya sayap kirinya yang lecet. Waktu saya terperosok dengan posisi badan tengkurap di atas trotoar, otomatis mata saya tertuju ke dalam terowongan Casablanca yang terkenal angker banget itu.
Tebak apa yang saya lihat?
Ada sesosok bayangan putih keluar dari tembok terowongan itu dan masuk lagi ke tembok di depannya, alias bisa menembus.
Anehnya, walaupun banyak kendaraan yang lewat. Tetapi tak ada satupun yang menolong saya. Kesannya saya seperti ditutupi oleh penunggu di situ. Setelah menunggu kira-kira dua puluh menit akhirnya ada juga yang menolong saya. Anehnya lagi, 4 laki-laki dewasa kesulitan mengangkat saya, padahal berat badan saya waktu itu hanya 50 kg.
Sesampainya dirumah, ayah saya memanggil ‘orang pintar’ di dekat rumah untuk mengobati saya. Dia mengatakan untuk segera pergi ke tempat lokasi saya terjatuh supaya meletakkan bunga dan uang 1000 sebagai syarat  saja. Buang sial katanya. Ayah saya pun pergi ke lokasi kejadia. Dilihatnya ada tukang sapu jalanan di dalam terowongan Casablanca.
Ayah saya ditanyai apakah baru saja mengalami musibah disana.
“Iya Pak, 2 hari yang lalu anak saya kecelakaan,” jawah Ayah saya.
“Apa selamat, pak?” Tanya tukang sapu jalanan itu.
 “Alhamdulillah anak saya masih ada umur, emang kenapa ya, pak?” Tanya Ayah saya lagi.
“Soalnya udah banyak yang meninggal di jalan ini karena kecelakaan” jawabnya.
Tukang sapu itu menghimbau ada baiknya ketika melewati terowongan ini, para pengemudi kendaraan membunyikan klakson sebagai pertanda meminta izin untuk melintas kepada makhluk astral penghuni terowongan Casablanca. Ia juga menambahkan, ketika melintasi terowongan angker ini sebaiknya pikiran kita tidak kosong, dan selalu berdoa untuk meminta keselamatan kepada Tuhan.

Penulis : Yudha Sucianto
Editor: Meidiana Aprilliani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempo Siasati Isu Konvergensi Media

doc. Google Meski sempat dibredel beberapa kali, namun majalah Tempo bangkit kembali dengan karakternya yang khas. Bahasa yang singkat, tidak bertele-tele, headline dan cover majalah yang menarik, semua hal tersebut membuat pembaca ingin membaca lebih dalam mengenai majalah Tempo. Tentunya hasil yang sedemikian rupa memerlukan proses yang tidak mudah pula. Redaktur Pelaksana Sains, Sport & Kolom , Yos Rizal , menerangkan tentang proses produksi majalah Tempo kepada kami, yang datang Jumat (10/10) lalu. D idukung dengan visualisasi slide power point yang sudah disiapkan , Yos Rizal menjelaskannya kepada kami . Proses produksi majalah Tempo hampir tidak jauh berbeda dengan proses produksi pemberitaan di media lain. Dimulai dengan rapat r e d aksi yang membahas tentang usulan mengenai isu apa sajakah yang menarik untuk dibahas, kemudian dilakukan penugasan kepada reporter, setelah itu reporter akan ‘belanja’ berita di lapangan. Setelah mendapatkan informasi di l

Coffee Traveler #2: All About Coffee

dok. pribadi Kedai kopi merupakan hal yang tidak asing lagi di telinga masyarakat saat ini. Menikmati kopi di kedai kopi langsung telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia masa kini. Semakin berkembangnya zaman, kedai kopi bukan hanya dijadikan sebagai tempat untuk minum kopi saja. Tempat yang nyaman dengan suasana yang nyaman membuat konsumen betah dan menjadikannya sebagai tempat pertemuan atau meeting point . Journey Coffee merupakan salah satu kedai kopi yang berlokasi di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Lokasinya pun strategis yaitu berada dipinggir jalan raya. Kedai kopi ini berdiri sejak tahun 2014. Buka dari jam 10.00 hingga 23.00 WIB pada weekdays dan jam 10.00 hingga 24.00 WIB saat weekend . Fasilitas yang disediakan berupa wifi, toilet serta area parkir. Journey Coffee memiliki 2 lantai, lantai pertama merupakan area atau ruangan bebas asap rokok karena difasilitasi dengan AC dan lantai kedua dikhusus kan untuk smoking area dengan design yang menarik.

Menilik Kelompok Musik Tunanetra di CFD Jakarta

Grup musik disabilitas tunanetra , Smart Voice Kegiatan car free day (CFD) di  Jakarta selalu ramai lalu-lalang warga untuk berolahraga atau sekedar menikmati suasana ibu kota yang penuh gedung pencakar langit tanpa terganggu kendaraan bermotor. Namun, dibalik hiruk-pikuk tersebut, terselip orang-orang yang mengais rezeki dari ramainya suasana. Adalah Smart Voice , sekelompok musisi jalanan ‘unik’ yang biasa menggelar pertunjukan music jalanannya setiap Minggu pagi di kawasan CFD Sudirman, Jakarta. Penyebutan unik bukan tanpa alasan, hal itu dikarenakan seluruh anggotanya yang merupakan warga disabilitas tunanetra. Kelompok musik ini digawangi oleh Nasripan, Ipul, Hendri, Budi, Sumantri, dan Sumirah. Budi  (kanan) dan Sumantri (kiri) anggota  Smart Voice Menurut Sumirah (40) Smart Voice terbentuk pada tahun 2018 lalu. Awalnya karena seluruh anggotanya yang merupakan binaan sebuah panti sosial tunanetra dibilangan Bekasi, Jawa Barat. Disanalah mereka dilatih kete