Langsung ke konten utama

5 Skandal Idol KPOP Sebelum Kasus Seungri “BigBang”

Seungri Big Bang (cr; Soompi)

Nama Seungri, salah satu personil boyband Big Bang, saat ini sedang menjadi perbincangan hangat masyarakat Korea dan dunia. Seungri dianggap menyediakan jasa prostitusi yang dilakukan di klub yang ia kelola. Kasus ini bermula pada Januari akhir lalu, video dari kekerasan seksual menyebar di situs online.

Beberapa nama artis Korea juga terlibat dalam dalam kasus ini, antara lain Jung Joon Young, Yong Jun Hyung Highlight, dan Kang Daniel. Jung Joon Young menjadi tersangka dalam kasus ini karena terlibat dalam penyebaran video tersembunyi ilegal di chatroom.Yong Jun Hyung dianggap salah satu anggota chatroom yang terlibat penyebaran video illegal di chatroom Seungri. Serta Kang Daniel dituduh bahwa ia didukung oleh wanita berusia sekitar 40 tahun asal Hongkong yang banyak berinvestasi di klub yang dikelola Seungri.

Nama nama diatas beberapa idol Korea yang terlibat skandal, berikut 5 idol Korea yang juga pernah terlibat skandal dalam karirnya.
1. TOP Big Bang

cr; Allkpop
Tahun 2017, TOP Big Bang positif mengkonsumsi ganja setelah melakukan tes rambut. Awalnya TOP mengaku hanya mengkonsumsi rokok elektronik. Namun setelah melakukan pengecekan diketahui bahwa dirinya positif mengkonsumsi ganja. Ia ditangkap saat mengkonsumsi ganja bersama trainee perempuan bernama Han Seo Hee.

TOP yang sedang menjalani wajib militer terpaksa keluar dari wajib militer sejenak. Namun ia kembali melanjutkan wajib militer sebagai dinas sosial.
Tahun 2017, TOP Big Bang positif mengkonsumsi ganja setelah melakukan tes rambut. Awalnya TOP mengaku hanya mengkonsumsi rokok elektronik. Namun setelah melakukan pengecekan diketahui bahwa dirinya positif mengkonsumsi ganja. Ia ditangkap saat mengkonsumsi ganja bersama trainee perempuan bernama Han Seo Hee.

TOP yang sedang menjalani wajib militer terpaksa keluar dari wajib militer sejenak. Namun ia kembali melanjutkan wajib militer sebagai dinas sosial.

2. G-Dragon Big Bang

cr; Big Bang
Nama G-Dragon tercoreng karena kasus ganja yang digunakannya pada tahun 2011. Seusai konser di Jepang, G-Dragon terbukti menghisap rokok ganja di klub malam. Tes urine idol ini dinyatakan negatif, tetapi saat melakukan tes rambut diketahui ia positif mengkonsumsi ganja.

Selain itu ia juga terkena kasus plagiarisme lagu. Lagu debut solonya yang berjudul ‘Heart Breaker’ dianggap meniru lagu Flo Rida yang berjudul ‘Right Round’. Pada tahun 2017, lagu solonya yang berjudul ‘Middle Finger Up’ disebut menjiplak lagu salah satu rapper asal Amerika Serikat, Kyle.

Saat menjalani wajib militer baru-baru ini, Dispacth melaporkan G-Dragon menerima perlakuan istimewa saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Angkatan Bersenjata Yangju, Gyeonggi, Korea Selatan. Dispatch melaporkan bahwa G-Dragon menggunakan suite room, yang hanya diperbolehkan untuk anggota militer setingkat komandan dan kolonel. Namun pihak wajib militer membantah laporan tersebut dengan mengatakan meraka tidak pernah memberi perlakuan istimewa terhadap selebriti.

3. Kim Hyun Joong SS501


cr; Allkpop

Aktor Kim Hyun Joong, yang juga member SS501, digugat oleh seseorang yang mengaku sebagai kekasihnya karena tindak kekerasan yang dilakukannya. Ia dikabarkan melakukan penganiayaan terhadap kekasihnya dan menghamilinya.

Sembilan bulan berlalu, mantan kekasihnya kembali menuntut ganti rugi karena merasa dibuat stress oleh Kim Hyun Joong di masa kehamilannya. Ia mengaku pernah hamil anak dari aktor tersebut dan mengalami keguguran. Beberapa kali Kim Hyun Joong mengajak mantan kekasihnya memeriksakan kandungannya ke rumah sakit tetapi selalu dibatalkan oleh mantan kekasihnya.

Diketahui bahwa ternyata Kim Hyun Joong merupakan korban dari mantan kekasihnya. Mantan kekasihnya telah melakukan percobaan penipuan dan pencemaran nama baik. Mantan kekasihnya harus membayar denda dan ganti rugi kepada Kim Hyun Joong sebesar 5 juta won.

4. Yoochun JYJ

cr; Allkpop

Yoochun, member JYJ sekaligus aktor, menghadapi tuntutan hukum karena melakukan pemerkosaan terhadap 5 orang wanita pada tahun 2016. Wanita pertama yang menuntutnya mengatakan Yoochun menyeretnya ke toilet di sebuah tempat hiburan dewasa, lalu memperkosanya. Empat wanita lain mengatakan Yoochun memperkosa masing-masing dari mereka di toilet bar pada tahun 2014. Namun setelah melakukan beberapa kali pemeriksaan, Yoochun dinyatakan tidak bersalah. Reputasi Yoochun jatuh karena tuduhan-tuduhan ini.


5. Jay Park

cr; SBS.com

Mantan member 2PM ini harus keluar dari grup karena banyak warganet yang menemukan laman MySpace milik Jay Park yang mengatakan bahwa Korea ‘gay’. Masyarakat marah hingga mengucilkan dan menuntut Jay Park keluar dai 2PM. Setelah itu ia mengirimkan permintaan maaf dan ia mengumumkan bahwa ia akan keluar dari 2PM dan Korea di hari yang sama.

Penulis: Vira Savirah
Editor: Arinda Dediana
Sumber:

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempo Siasati Isu Konvergensi Media

doc. Google Meski sempat dibredel beberapa kali, namun majalah Tempo bangkit kembali dengan karakternya yang khas. Bahasa yang singkat, tidak bertele-tele, headline dan cover majalah yang menarik, semua hal tersebut membuat pembaca ingin membaca lebih dalam mengenai majalah Tempo. Tentunya hasil yang sedemikian rupa memerlukan proses yang tidak mudah pula. Redaktur Pelaksana Sains, Sport & Kolom , Yos Rizal , menerangkan tentang proses produksi majalah Tempo kepada kami, yang datang Jumat (10/10) lalu. D idukung dengan visualisasi slide power point yang sudah disiapkan , Yos Rizal menjelaskannya kepada kami . Proses produksi majalah Tempo hampir tidak jauh berbeda dengan proses produksi pemberitaan di media lain. Dimulai dengan rapat r e d aksi yang membahas tentang usulan mengenai isu apa sajakah yang menarik untuk dibahas, kemudian dilakukan penugasan kepada reporter, setelah itu reporter akan ‘belanja’ berita di lapangan. Setelah mendapatkan informasi di l

Coffee Traveler #2: All About Coffee

dok. pribadi Kedai kopi merupakan hal yang tidak asing lagi di telinga masyarakat saat ini. Menikmati kopi di kedai kopi langsung telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia masa kini. Semakin berkembangnya zaman, kedai kopi bukan hanya dijadikan sebagai tempat untuk minum kopi saja. Tempat yang nyaman dengan suasana yang nyaman membuat konsumen betah dan menjadikannya sebagai tempat pertemuan atau meeting point . Journey Coffee merupakan salah satu kedai kopi yang berlokasi di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Lokasinya pun strategis yaitu berada dipinggir jalan raya. Kedai kopi ini berdiri sejak tahun 2014. Buka dari jam 10.00 hingga 23.00 WIB pada weekdays dan jam 10.00 hingga 24.00 WIB saat weekend . Fasilitas yang disediakan berupa wifi, toilet serta area parkir. Journey Coffee memiliki 2 lantai, lantai pertama merupakan area atau ruangan bebas asap rokok karena difasilitasi dengan AC dan lantai kedua dikhusus kan untuk smoking area dengan design yang menarik.

Menilik Kelompok Musik Tunanetra di CFD Jakarta

Grup musik disabilitas tunanetra , Smart Voice Kegiatan car free day (CFD) di  Jakarta selalu ramai lalu-lalang warga untuk berolahraga atau sekedar menikmati suasana ibu kota yang penuh gedung pencakar langit tanpa terganggu kendaraan bermotor. Namun, dibalik hiruk-pikuk tersebut, terselip orang-orang yang mengais rezeki dari ramainya suasana. Adalah Smart Voice , sekelompok musisi jalanan ‘unik’ yang biasa menggelar pertunjukan music jalanannya setiap Minggu pagi di kawasan CFD Sudirman, Jakarta. Penyebutan unik bukan tanpa alasan, hal itu dikarenakan seluruh anggotanya yang merupakan warga disabilitas tunanetra. Kelompok musik ini digawangi oleh Nasripan, Ipul, Hendri, Budi, Sumantri, dan Sumirah. Budi  (kanan) dan Sumantri (kiri) anggota  Smart Voice Menurut Sumirah (40) Smart Voice terbentuk pada tahun 2018 lalu. Awalnya karena seluruh anggotanya yang merupakan binaan sebuah panti sosial tunanetra dibilangan Bekasi, Jawa Barat. Disanalah mereka dilatih kete