Langsung ke konten utama

7 Manfaat Makan Langsung Pakai Tangan

 

doc : Google

Makan langsung pakai tangan membuat makanan terasa lebih nikmat saat disantap. Tak hanya itu, makan langsung pakai tangan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Selain itu makan langsung pakai tangan merupakan budaya orang Indonesia yang sudah lama diketahui. Namun hal ini juga banyak dipraktekkan negara lain seperti India dan beberapa negara di Asia Tenggara.

Makan langsung pakai tangan dapat meningkatkan sensitivitas indera peraba dan perasa, antara makanan dengan tubuh, pikiran dan jiwa, hingga kenikmatan makanan itu sendiri.

Makan langsung pakai tangan ternyata juga memiliki manfaat besar. Berikut 7 manfaat makan sehat makan langsung pakai tangan :

1.  1. Praktek alami 


Doc : Google

Makan langsung pakai tangan adalah hal biasa di sebagian besar negara yang memiliki budaya makan menggunakan tangan. Apalagi untuk masyarakat Indonesia, karena pada zaman dulu saat belum ada peralatan makan yang dibuat manusia untuk makan, mereka akan menggunakan tangan untuk membantu menyuapi makanan masuk ke dalam mulut.

1.  2.  Menyehatkan pencernaan

Doc : Google

Ketika menyentuh makanan dengan tangan, jutaan saraf di ujung jari akan mengirimkan pesan ke otak bahwa seseorang akan makan. Pesan ini kemudian diteruskan ke perut, yang mulai melepaskan cairan pencernaan dan enzim yang dibutuhkan untuk pencernaan seseorang.

Selain itu, setiap ujung saraf di jari-jari seseorang bahkan dapat merasakan suhu dan tekstur makanan yang dimakan dan dengan demikian menyiapkan otak untuk memicu pelepasan cairan dan enzim pencernaan. 

3. Membuat lebih konsentrasi pada makanan sepenuhnya

Doc : Google

Makan langsung pakai tangan mengharuskan seseorang untuk hadir sepenuhnya. Dan keadaan pikiran yang tenang dan sadar memungkinkan sistem pencernaan lebih optimal dan membantu untuk tidak makan berlebihan.

Selain itu, makan dalam keadaan sadar juga meningkatkan asimilasi nutrisi dari makanan, sehingga juga meningkatkan kinerja sistem pencernaan dan membuat seseorang meninggalkan meja dengan pikiran yang lebih tenang.

4.  Melibatkan semua indera

Doc : Google

Melibatkan semua indera manusia, jika seseorang menggunakan alat bantu seperti sendok dan garpu itu terbatas pada tekstur yang dapat dirasakan mulut. Makan langsung pakai tangan dapat menambah dimensi sentuhan pada makanan itu sendiri dan melibatkan semua alat indera manusia.

5.  Menghadirkan bakteri sehat di usus

Doc : Google

Selama seseorang mencuci tangan sebelum makan, kulit tangan akan dihuni oleh bakteri sehat, yang dikenal sebagai flora normal. Bakteri tersebut yang dapat melindungi diri dari bakteri berbahaya yang berasal dari lingkungan luar yang akan menyebabkan penyakit. Makan dengan tangan akan meningkatkan kekebalan alami usus kita terhadap kuman bakteri lingkungan.

6.  Mencegah lidah terbakar karena suhu panas makanan

Doc : Google

Tangan merupakan sensor suhu yang sangat efektif. Ketika seseorang makan dengan peralatan makan, maka makanan langsung masuk dari piring ke mulut, dan seseorang tidak menyadari bahwa itu terlalu panas untuk mulut.

Ketika menyentuh makanan dengan tangan, ujung saraf di ujung jari akan memberi tahu suhu panas makanan. Hal tersebut secara efektif dapat mencegah lidah tidak terbakar.

1.    7Membuat lebih fokus

Doc : Google

Dengan makanan yang ada di tangan, itu akan membuat seseorang terjebak hanya melakukan satu hal atau lebih fokus dan konsentrasi pada makanan. Jadi Anda akan terus fokus makan tanpa harus terganggung atau teralihkan perhatian dengan hal yang lainnya seperti menggunakan ponsel. Sehingga makan langsung pakai tangan membantu seseorang lebih fokus dalam segala hal seperti dalam pekerjaan atau kegiatan lainnya.

 Sumber : detikcom


 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempo Siasati Isu Konvergensi Media

doc. Google Meski sempat dibredel beberapa kali, namun majalah Tempo bangkit kembali dengan karakternya yang khas. Bahasa yang singkat, tidak bertele-tele, headline dan cover majalah yang menarik, semua hal tersebut membuat pembaca ingin membaca lebih dalam mengenai majalah Tempo. Tentunya hasil yang sedemikian rupa memerlukan proses yang tidak mudah pula. Redaktur Pelaksana Sains, Sport & Kolom , Yos Rizal , menerangkan tentang proses produksi majalah Tempo kepada kami, yang datang Jumat (10/10) lalu. D idukung dengan visualisasi slide power point yang sudah disiapkan , Yos Rizal menjelaskannya kepada kami . Proses produksi majalah Tempo hampir tidak jauh berbeda dengan proses produksi pemberitaan di media lain. Dimulai dengan rapat r e d aksi yang membahas tentang usulan mengenai isu apa sajakah yang menarik untuk dibahas, kemudian dilakukan penugasan kepada reporter, setelah itu reporter akan ‘belanja’ berita di lapangan. Setelah mendapatkan informasi di l

Coffee Traveler #2: All About Coffee

dok. pribadi Kedai kopi merupakan hal yang tidak asing lagi di telinga masyarakat saat ini. Menikmati kopi di kedai kopi langsung telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia masa kini. Semakin berkembangnya zaman, kedai kopi bukan hanya dijadikan sebagai tempat untuk minum kopi saja. Tempat yang nyaman dengan suasana yang nyaman membuat konsumen betah dan menjadikannya sebagai tempat pertemuan atau meeting point . Journey Coffee merupakan salah satu kedai kopi yang berlokasi di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Lokasinya pun strategis yaitu berada dipinggir jalan raya. Kedai kopi ini berdiri sejak tahun 2014. Buka dari jam 10.00 hingga 23.00 WIB pada weekdays dan jam 10.00 hingga 24.00 WIB saat weekend . Fasilitas yang disediakan berupa wifi, toilet serta area parkir. Journey Coffee memiliki 2 lantai, lantai pertama merupakan area atau ruangan bebas asap rokok karena difasilitasi dengan AC dan lantai kedua dikhusus kan untuk smoking area dengan design yang menarik.

Menilik Kelompok Musik Tunanetra di CFD Jakarta

Grup musik disabilitas tunanetra , Smart Voice Kegiatan car free day (CFD) di  Jakarta selalu ramai lalu-lalang warga untuk berolahraga atau sekedar menikmati suasana ibu kota yang penuh gedung pencakar langit tanpa terganggu kendaraan bermotor. Namun, dibalik hiruk-pikuk tersebut, terselip orang-orang yang mengais rezeki dari ramainya suasana. Adalah Smart Voice , sekelompok musisi jalanan ‘unik’ yang biasa menggelar pertunjukan music jalanannya setiap Minggu pagi di kawasan CFD Sudirman, Jakarta. Penyebutan unik bukan tanpa alasan, hal itu dikarenakan seluruh anggotanya yang merupakan warga disabilitas tunanetra. Kelompok musik ini digawangi oleh Nasripan, Ipul, Hendri, Budi, Sumantri, dan Sumirah. Budi  (kanan) dan Sumantri (kiri) anggota  Smart Voice Menurut Sumirah (40) Smart Voice terbentuk pada tahun 2018 lalu. Awalnya karena seluruh anggotanya yang merupakan binaan sebuah panti sosial tunanetra dibilangan Bekasi, Jawa Barat. Disanalah mereka dilatih kete