Ilustrasi mengerjakan tugas. (FOTO/unsplash.com)
Jakarta - Menunda
pekerjaan merupakan kebiasaan yang tidak boleh diremehkan. Pasalnya menunda
pekerjaan terasa menyenangkan dari pada menuntaskan pekerjaan itu sendiri. Hal ini
biasa disebut dengan procrastinating yang bagi sebagian orang sudah
menjadi kebiasaan sehingga sulit untuk mengubahnya.
Jika sering
menunda – nunda pekerjaan akan berdampak negatif terhadap time management
diri. “Terlalu sering procrastinate itu merugikan. Kalau sering menunda pekerjaan,
maka produktivitas akan menurun. Bersamaan dengan itu, hasil kerja kita juga
tidak maksimal,” kata Audrey Maximillian Herdi, CEO aplikasi konseling online
Riliv.
Padahal jika
langsung melakukan pekerjaan itu, tugas atau pekerjaan bisa diselesaikan lebih
awal sebelum mepet deadline. Kamu memiliki banyak waktu tanpa memikul
beban tanggung jawab pekerjaan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan waktu
untuk hal yang lain.
Lantas bagaimana tips menghilangkan kebiasaan menunda - nunda ini
1. Tentukan deadline versi diri sendiri
Kebiasaan menunda pekerjaan biasanya karena deadline yang masih lama. Dengan menentukan target sebelum jadwal deadlinenya, kamu bisa memulai mengerjakan tugas atau pekerjaan sesegera mungkin, jangan mepet di H-1 deadline supaya tidak keteteran.
2. Bagi tugas besar menjadi tugas – tugas kecil
Banyak orang pusing ketika diberi tugas yang kategorinya cukup berat.
Kamu bisa membagi tugas tersebut menjadi tugas yang lebih kecil, misalnya tugas
makalah dibuat 2 hari 1 bab supaya tugas terasa lebih ringan dan tidak menjadi beban
pikiran.
3. Singkirkan gangguan saat bekerja
Ketika sedang fokus mengerjakan sesuatu, sering ter-distract terutama
karena HP. Kamu bisa menyingkirkan segala sesuatu yang sekiranya dapat
mengganggu fokus selama mengerjakan tugas, contohnya mematikan wifi / data HP,
menutup pintu kamar, mematikan TV, dan menata ruang kerja dengan rapi.
4. Self-reward sebagai apresiasi
Setelah selesai mengerjakannya, kamu bisa memberi feed back untuk
diri sendiri karena telah berusaha menyelesaikan tanggung jawab, seperti
membeli makanan kesukaan atau main bersama teman. Tips ini ampuh menjadi
motivasi diri untuk menyelesaikan tugas lebih cepat.
5. Mulai pekerjaan dalam hitungan 5 detik
Setiap merasa enggan mengerjakan suatu pekerjaan, kamu bisa
berhitung 1 sampai 5. Kemudian, setelah hitungan kelima, langsung bangkit dari
rasa malas dan mulai mengerjakan pekerjaan tersebut. Menurut seorang motivator
terkenal dari Amerika Serikat, Mel Robbins, dengan menghitung 5 detik bisa
membantu untuk berhenti menunda-nunda.
Waktu yang kita miliki saat ini sangatlah berharga. Jika kamu
termasuk ke dalam orang yang sering menunda-nunda, praktikkan lima tips di
atas. Dengan demikian, kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan terorganisir.
Penulis : Haura Savitri Jatayusati
Sumber
: hai.grid.id
1.
Komentar
Posting Komentar