Langsung ke konten utama

Bunuh Diri karena Terlilit Hutang Lewat Pinjam Online, Berikut Tips Aman Pinjam Uang di Fintech


(Sumber foto: Kontan)

Pinjam uang secara online menjadi sorotan akhir-akhir ini setelah adanya berita mengenai supir taksi  yang nekat bunuh diri karena terlilit pinjaman uang secara online di Fintech. Di era teknologi digital saat ini, semua kehidupan masyarakat menjadi lebih mudah, salah satunya dengan keberadaan start up di bidang Fintech.

Fintech sendiri adalah singkatan yang berasal dari kata ‘financial’ dan ‘technology’ artinya sebuah inovasi di dalam bidang jasa keuangan. Fintech menawarkan berbagai layanan di antaranya: pembayaran, peminjaman uang, transfer dana, investasi ritel, dan lainnya.'

Jika dilihat dari sisi manfaat dan keuntungannya, tentu pinjaman melalui perusahaan-perusahaan fintech ini sangat menggiurkan apalagi syarat peminjaman uang di fintech terlihat lebih mudah daripada harus meminjam uang di bank yang membutuhkan persyaratan berbelit-belit seperti harus melengkapi dokumen, slip gaji, jaminan, survei lokasi, dan masih banyak lagi.

Persyaratan yang terkesan mudah ini terkadang membuat sebagian orang tidak teliti dalam membuat keputusan meminjam uang, sehingga banyak sekali orang-orang yang terbelit hutang besar hanya karena meminjam uang melalui fintech. Salah satunya berita yang belum lama viral mengenai seorang supir taksi yang ditemukan bunuh diri di kamar kos-kosanya. Setelah ditemukan penyebabnya, polisi menemukan secarik kertas yang berisikan pesan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 “Kepada OJK dan pihak berwajib tolong berantas pinjaman online yang telah membuat jebakan setan” tulis Z dalam surat yang ditemukan.

Sebagian orang memang tekadang tidak teliti dan berpikir sebelum bertindak meminjam uang. Bahkan, terkadang orang-orang meminjam uang hanya untuk memenuhi hawa nafsu semata atau memenuhi kebutuhan konsumtifnya. Orang  seperti ini biasanya tidak berpikir jauh untuk meminjam uang tanpa memperhitungkan risiko-risiko yang akan muncul jika peminjaman uang ini tidak dipertimbangkan secara matang.

Oleh karena itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebagai regulator yang mengatur industri keuangan di Indonesia, memberikan tips sebelum meminjam uang melalui perusahaan fintech.

Berikut 5 tips  yang harus diperhatikan dalam meminjam uang melalui fintech, seperti dilansir MoneySmart.Id, tips meminjam uang melalui jasa fintech:

1. Pastikan pinjam perusahaan di perusaahaan terdaftar di OJK. Jangan sampai terjerat perusahaan fintech abal-abal. Informasi mengenai penyelenggara bisnis ini bisa diperoleh dari laman www.ojk.go.id, atau langsung telepon call center OJK di 157 untuk memastikan hal tersebut.

2. Pinjam masksimal 30% dari penghasilan. Pinjam uang tentunya harus menyesuaikan kebutuhan. Usahakan pinjaman untuk suatu hal yang produktif, jangan tengelem dalam utang karena pinjaman yang bersifat konsumtif. Maksimal dana yang dipinjam hanya 30% dari penghasilan sehingga tidak terlalu menjadi beban saat proses pencicilan.

3. Lunasi cicilan tepat waktu. Bayarlah cicilan tepat pada waktunya karena setiap pinjaman uang uang melalui lembaga manapun atau fintech sudah dipastikan akan ada bunga. Kalau telat membayar sudah dipastikan bunga akan terus bertambah, ditambah lagi adanya denda.

4. Jangan pernah gali lubang tutup lubang. Jangan pernah membayar hutang dengan hutang. Meski awal terlihat membantu tetapi hal ini sangat membebani keuangan. Karena bunga yang harus diitanggung pasti akan lebih bertambah

5. Ketahui besaran bunga dan denda pinjaman. Sebelum meminjam uaang di perusahaan fintech, harus dipatikan terlebih dahulu berapa bunga yang akan dikenakan. Lalu lihat juga berapa denda yang harus ditanggung jika melakukan telat pembayaran cicilan dan mempercepat biaya pelunasan.

Itulah beberapa tips yang harus dicermati dan diperhatikan sebelum anda memutuskan mencari dana pinjaman melalui fintech, alangkah baiknya mengikuti tips-tips seperti yang disarankan oleh OJK di atas.

Pinjaman uang yang seharusnya menjadi solusi bisa menjadi bumerang bagi keuangan kita sendiri apabila anda tidak cermat dalam memilih aplikasi fintech tersebut. Semoga tips-tips di atas dapat jadi bahan pertimbangan bagi anda yang ingin meminjam uang secara online. 

Komentar

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempo Siasati Isu Konvergensi Media

doc. Google Meski sempat dibredel beberapa kali, namun majalah Tempo bangkit kembali dengan karakternya yang khas. Bahasa yang singkat, tidak bertele-tele, headline dan cover majalah yang menarik, semua hal tersebut membuat pembaca ingin membaca lebih dalam mengenai majalah Tempo. Tentunya hasil yang sedemikian rupa memerlukan proses yang tidak mudah pula. Redaktur Pelaksana Sains, Sport & Kolom , Yos Rizal , menerangkan tentang proses produksi majalah Tempo kepada kami, yang datang Jumat (10/10) lalu. D idukung dengan visualisasi slide power point yang sudah disiapkan , Yos Rizal menjelaskannya kepada kami . Proses produksi majalah Tempo hampir tidak jauh berbeda dengan proses produksi pemberitaan di media lain. Dimulai dengan rapat r e d aksi yang membahas tentang usulan mengenai isu apa sajakah yang menarik untuk dibahas, kemudian dilakukan penugasan kepada reporter, setelah itu reporter akan ‘belanja’ berita di lapangan. Setelah mendapatkan informasi di l

Coffee Traveler #2: All About Coffee

dok. pribadi Kedai kopi merupakan hal yang tidak asing lagi di telinga masyarakat saat ini. Menikmati kopi di kedai kopi langsung telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia masa kini. Semakin berkembangnya zaman, kedai kopi bukan hanya dijadikan sebagai tempat untuk minum kopi saja. Tempat yang nyaman dengan suasana yang nyaman membuat konsumen betah dan menjadikannya sebagai tempat pertemuan atau meeting point . Journey Coffee merupakan salah satu kedai kopi yang berlokasi di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Lokasinya pun strategis yaitu berada dipinggir jalan raya. Kedai kopi ini berdiri sejak tahun 2014. Buka dari jam 10.00 hingga 23.00 WIB pada weekdays dan jam 10.00 hingga 24.00 WIB saat weekend . Fasilitas yang disediakan berupa wifi, toilet serta area parkir. Journey Coffee memiliki 2 lantai, lantai pertama merupakan area atau ruangan bebas asap rokok karena difasilitasi dengan AC dan lantai kedua dikhusus kan untuk smoking area dengan design yang menarik.

Menilik Kelompok Musik Tunanetra di CFD Jakarta

Grup musik disabilitas tunanetra , Smart Voice Kegiatan car free day (CFD) di  Jakarta selalu ramai lalu-lalang warga untuk berolahraga atau sekedar menikmati suasana ibu kota yang penuh gedung pencakar langit tanpa terganggu kendaraan bermotor. Namun, dibalik hiruk-pikuk tersebut, terselip orang-orang yang mengais rezeki dari ramainya suasana. Adalah Smart Voice , sekelompok musisi jalanan ‘unik’ yang biasa menggelar pertunjukan music jalanannya setiap Minggu pagi di kawasan CFD Sudirman, Jakarta. Penyebutan unik bukan tanpa alasan, hal itu dikarenakan seluruh anggotanya yang merupakan warga disabilitas tunanetra. Kelompok musik ini digawangi oleh Nasripan, Ipul, Hendri, Budi, Sumantri, dan Sumirah. Budi  (kanan) dan Sumantri (kiri) anggota  Smart Voice Menurut Sumirah (40) Smart Voice terbentuk pada tahun 2018 lalu. Awalnya karena seluruh anggotanya yang merupakan binaan sebuah panti sosial tunanetra dibilangan Bekasi, Jawa Barat. Disanalah mereka dilatih kete