Langsung ke konten utama

8 Makanan Unik untuk Berbuka Puasa dari Indonesia dan Berbagai Negara

        Hallo Marooners sebentar lagi bulan puasa nih! Udah siapin belum menu apa aja yang bakal nemenin kamu buka puasa nanti? Menu buka puasa yang khas selain Kurma dan Kolak banyak banget loh, selain di Indonesia ada juga menu unik untuk berbuka puasa di berbagai negara. Mau tau apa aja? Yuk simak!


1. Kue Asidah – Makanan Unik Khas Maluku

Credit: https://www.timurtimes.com/2018/03/kue-asidah-makanan-khas-maluku-yang-lezat.html
Kue Asidah adalah kue yang sangat digemari oleh masyarakat Maluku. Makanan manis ini awalnya diperkenalkan oleh orang Arab yang berdagang menyebarkan agama Islam di Nusantara kepada masyarakat Melayu yang kemudian menyebarkannya ke seluruh lapisan masyarakat.

Kue Asidah ini merupakan kuliner khas yang sering dijual pada bulan Ramadhan dengan harga yang relatif murah loh. Masyarakat Maluku bisa menemukannya di tenda-tenda kue pinggir jalan pada pukul 15.00 WIT atau menjelang waktu buka puasa.


       2. Kicak – Makanan Unik Khas Yogyakarta

Credit: https://www.kompasiana.com/wardhanahendra/mencicipi-kicak-takjil-legendaris-khas-ramadhan-yogyakarta_552a2deef17e615668d623da
          Kicak atau takjil khas asli dari Kauman, Yogyakarta, ini merupakan makanan yang ada setiap bulan Ramadhan tiba. Meskipun tampilannya yang sederhana, kicak sangat digemari oleh selera lidah masyarakat Yogyakarta. Kicak terbuat dari beras ketan yang dicampur daengan gula pasir lalu diberi taburan kelapa parut membuat perpaduan rasa yang nikmat untuk menu berbuka puasa.


      3. Ketan Bintul – Makanan Unik Khas Banten

Credit: https://www.sumber.com/jalan-jalan-kuliner/banten/kuliner-banten/sumber/ketan-bintul.html
       Ketan Bintul yaitu ketan yang disajikan dengan taburan serundeng diatasnya. Menu ini merupakan makanan favorit para Sultan. Makanan khas Banten ini umumnya ditemui pada saat Ramadhan sebagai sajian berbuka puasa. Adapaun kepercayaan masyarakat Banten yaitu bila berbuka puasa dengan Ketan Bintul, mereka seolah-olah menghargai dan menghormati para Sultan Banten. 


      4. Pisang Ijo – Makanan Unik Khas Makassar

Credit: https://lifestyle.okezone.com/read/2017/06/05/298/1708151/food-story-alkisah-es-pisang-ijo-khas-makassar-yang-rasanya-menggoyang-lidah
         Bagi masyarakat Makassar tak lengkap rasanya bila berbuka puasa tanpa ditemani dengan Pisang Ijo. Pisang Ijo ini terbuat dari pisang kukus yang dibalut dengan kulit dadar berwarna hijau, lalu disajikan dengan kuah kental yang berasal dari olahan santan dan disiram dengan sirup berwarna untuk memperlezat rasanya.
                
            Dikutip dari Okezone.com, es Pisang Ijo yang berwarna hijau memiliki arti sendiri bagi orang Bugis, Makassar. Warna hijau yang dilambangkan sebagai keanggunan dan merupakan warna sakral, sedangkan dari sisi psikologi yaitu memberikan rasa nyaman dan damai.


5. Pide – Makanan Unik Khas Turki

Credit: https://nz.junkfreejune.org/recipes-and-blog/recipes/roses-turkish-pide
Beralih pada makanan khas bulan Ramadhan di berbagai negara. Pide adalah makan tradisional Turki yang mirip dengan pizza. Roti pide ini pun memiliki topping yang bervariasi, yaitu bisa menggunakan daging giling, sosis, telur dan lainnya. Roti Pide juga hanya dijual pada saat bulan ramadhan saja dengan rasanya yang tak kalah dengan pizza dijamin membuat kamu kenyang saat menyantapnya sebagai menu berbuka puasa nanti. 


      6. Ful Madames – Makanan Unik Khas Mesir

Credit: https://food.detik.com/info-sehat/d-2798310/ful-madames-bubur-kacang-yang-jadi-menu-sarapan-orang-mesir

Ful Madames adalah bubur khas dari Mesir yang terbuat dari kacang fava tumbuk yang dipadukan dengan sayuran seperti buncis dan tomat. Selain itu, lemon, bawang putih serta saus tahini lalu pelengkap telur rebus, minyak ziatun dan bubuk cabai membuat kelezatan ful madames menjadi semakin nikmat.
Dikutip dari food.detik.com, kacang fava kaya akan zat gizi karena mereka tidak mengandung lemak jenuh serta tinggi akan serat, thiamin, vitamin K, vitamin B6, kalium dan zat besi. Kacang ini juga kaya akan protein yang sangat baik untuk membentuk jaringan tubuh.


     7.  Nasi Briyani – Makanan Unik Khas Singapura

Credit: http://officefoodtruck.com/product/nasi-briyani/
           Nasi Briyani ini bukanlah asli berasal dari Singapura, melainkan pengaruh dari budaya lain yaitu India. Nasi Briyani ini berbahan utama dari nasi basmati yaitu nasi berbulir panjang dan empuk, meskipun terlihat pera, tetapi nasi ini pulen saat dikunyah. Nasi ini beraroma klabet, kunyit dan rempah lainnya yang terasa pas dan lezat, apalagi sangat cocok bila disajikan dengan daging ayam atau daging domba yang gurih dan lembut.


      8. Fesenjan – Makanan Unik Khas Iran

Credit: http://travel.tribunnews.com/2017/06/22/fesenjan-makanan-khas-ramadhan-di-iran-yang-kaya-rasa

             Fesenjan hidangan Ramadhan ini merupakan makanan khas dari Iran. Fesenjan atau yang juga dikenal dengan nama khoresh-e fesenjan atau fesenjoon menjadi hidangan istimewa khas Ramadhan di negara Persia, terutama Iran dan Irak. Makanan ini dimasak dengan saus delima merah dan kacang walnut, dengan menggunakan daging bebek atau ayam, lalu sausnya yang kental dan kaya rasa cenderung memiliki rasa manis dan asam. Makanan ini sering dihidangkan bersama dengan polo atau chelo yaitu nasi putih khas negara Persia.



Penulis: Rafida Ulfa
Editor: Helvira Rosa
Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempo Siasati Isu Konvergensi Media

doc. Google Meski sempat dibredel beberapa kali, namun majalah Tempo bangkit kembali dengan karakternya yang khas. Bahasa yang singkat, tidak bertele-tele, headline dan cover majalah yang menarik, semua hal tersebut membuat pembaca ingin membaca lebih dalam mengenai majalah Tempo. Tentunya hasil yang sedemikian rupa memerlukan proses yang tidak mudah pula. Redaktur Pelaksana Sains, Sport & Kolom , Yos Rizal , menerangkan tentang proses produksi majalah Tempo kepada kami, yang datang Jumat (10/10) lalu. D idukung dengan visualisasi slide power point yang sudah disiapkan , Yos Rizal menjelaskannya kepada kami . Proses produksi majalah Tempo hampir tidak jauh berbeda dengan proses produksi pemberitaan di media lain. Dimulai dengan rapat r e d aksi yang membahas tentang usulan mengenai isu apa sajakah yang menarik untuk dibahas, kemudian dilakukan penugasan kepada reporter, setelah itu reporter akan ‘belanja’ berita di lapangan. Setelah mendapatkan informasi di l

Coffee Traveler #2: All About Coffee

dok. pribadi Kedai kopi merupakan hal yang tidak asing lagi di telinga masyarakat saat ini. Menikmati kopi di kedai kopi langsung telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia masa kini. Semakin berkembangnya zaman, kedai kopi bukan hanya dijadikan sebagai tempat untuk minum kopi saja. Tempat yang nyaman dengan suasana yang nyaman membuat konsumen betah dan menjadikannya sebagai tempat pertemuan atau meeting point . Journey Coffee merupakan salah satu kedai kopi yang berlokasi di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Lokasinya pun strategis yaitu berada dipinggir jalan raya. Kedai kopi ini berdiri sejak tahun 2014. Buka dari jam 10.00 hingga 23.00 WIB pada weekdays dan jam 10.00 hingga 24.00 WIB saat weekend . Fasilitas yang disediakan berupa wifi, toilet serta area parkir. Journey Coffee memiliki 2 lantai, lantai pertama merupakan area atau ruangan bebas asap rokok karena difasilitasi dengan AC dan lantai kedua dikhusus kan untuk smoking area dengan design yang menarik.

Menilik Kelompok Musik Tunanetra di CFD Jakarta

Grup musik disabilitas tunanetra , Smart Voice Kegiatan car free day (CFD) di  Jakarta selalu ramai lalu-lalang warga untuk berolahraga atau sekedar menikmati suasana ibu kota yang penuh gedung pencakar langit tanpa terganggu kendaraan bermotor. Namun, dibalik hiruk-pikuk tersebut, terselip orang-orang yang mengais rezeki dari ramainya suasana. Adalah Smart Voice , sekelompok musisi jalanan ‘unik’ yang biasa menggelar pertunjukan music jalanannya setiap Minggu pagi di kawasan CFD Sudirman, Jakarta. Penyebutan unik bukan tanpa alasan, hal itu dikarenakan seluruh anggotanya yang merupakan warga disabilitas tunanetra. Kelompok musik ini digawangi oleh Nasripan, Ipul, Hendri, Budi, Sumantri, dan Sumirah. Budi  (kanan) dan Sumantri (kiri) anggota  Smart Voice Menurut Sumirah (40) Smart Voice terbentuk pada tahun 2018 lalu. Awalnya karena seluruh anggotanya yang merupakan binaan sebuah panti sosial tunanetra dibilangan Bekasi, Jawa Barat. Disanalah mereka dilatih kete